Sabtu, 28 Maret 2009

Networking : Pengenalan Jaringan Komputer (1)

Tulisan ini didapat dari berbagai sumber yang penulis lupa dapat baca dimana dan perkuliahan Jaringan Komputer dan Sistem Terdistribusi di kampus.

Jaringan komputer merupakan kumpulan dari komputer dalam jumlah banyak yang terpisah pisah tetapi saling terhubung satu dengan yang lainnya dalam melaksanakan tugasnya. Keuntungan yang diperoleh bila suatu komputer terhubung dalam jaringan :
1. meningkatkan secara bertahap kinerja sistem sesuai dengan kebutuhan hanya
dengan menambakan sejumlah procesor.
2. menjadi suatu media penghubung antar individu yang terlibat dalam suatu
sistem.
3. Pemakaian resource dapat dilakukan secara bersama sama
4. dapat melakukan pertukaran data antar sistem

Jaringan komputer di kelompokkan menjadi 2 yaitu menurut teknologi transmisi dan jarak

Berdasarkan teknologi transmisi dibagi menjadi 2 yaitu jaringan broadcasting dan jaringan point-to-point. Jaringan broadcasting hanya memiliki komunikasi tunggal yang dipakai secara bersama sama oleh mesin yang ada dalam jaringan. Cara pengiriman data dibuat dalam paket kecil kecil yang setiap paket tersimpan alamat pengirim, alamat yang dituju, ukuran dari paket. Jaringan point-to-point terdapat beberapa koneksi pasangan individu dari mesin mesin.

Berdasarkan jarak dibagi menjadi 5 bagian yaitu LAN (local area network), MAN (metropolitas area network), WAN (wide area network), jaringan tanpa kabel, dan VPN (virtual private network).
LAN merupakan jaringan pribadi dalam sebuah gedung yang dapat menempuh jarak sampai 1 km. Perlengkapan LAN dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori : PC (workstation) ,biasanya banyak digunakan dalam departemen. Server, digunakan dalam suatu departemen yang kemudian di share ke beberapa user. Mainframe, digunakan untuk database

MAN merupakan jaringan pribadi yang lebih jauh jangkauannya dari LAN, bisa mencapai jarak 10 km. MAN memiliki error dan delay yang lebih tinggi dari LAN. Contoh TV kabel.

WAN terdiri dari media transmisi dan sejumlah switching node yang saling terkoneksi. Biasanya mengunakan satelit atau sistem radio.

Jaringan tanpa kabel memungkinkan seorang pemakai yang mobile dapat terkoneksi ke LAN dengan menggunakan wireless LAN.

VPN banyak diterapkan pada jaringan extranet maupun intranet. VPN merupakan suatu jaringan pribadi yang menggunakan infrastuktur jaringan komunikasi public dengan menggunakan tunneling protocol dan procedure sekuriti.

Tulisan diatas memang bersifat teknis jadi agak menjemukan, tapi tidak apa2 buat yang baru belajar jaringan. tunggu bagian yang ke-2.


0 komentar:

Posting Komentar

 
© by anak taratak putra chaniago