Sabtu, 28 Maret 2009

"Sang Pengintai"

WASPADAI SANG PENGINTAI DI INTERNET....!!!

Artikel ini ditujukan untuk semua pengguna Internet yang perduli dengan Privasinya saat melakukan Surfing di Internet.

Menghadapi Era yang semakin canggih ini rasanya segala kegiatan tidak akan efisien
tanpa kehadiran yang satu ini . Apalagi kalau bukan kehadiran dunia internet.
Memang kita akui dengan perkembangan dunia internet ini segala kegiatan yang berhubungan dengan data, arsip maupun files-files akan semakin cepat terselesaikan baik dalam kegiatan kirim-mengirim arsip, surat-menyurat (e-mail), pencarian informasi bahkan dalam dunia perdagangan atau yang biasa kita kenal dengan e-commerce. Semuanya ini akan menjadi lancar hanya dalam hitungan menit.

Namun perlu kita sadari saat kita melakukan surfing di dunia maya tersebut ingatlah selalu bahwa kita tidaklah sendirian dan selalulah berwaspada terhadap apa yang anda lakukan sebab "SANG PENGINTAI" selalu siap untuk memata-matai anda dengan program andalannya yaitu KeySpy serta program sniffing lainnya.


Saya tergugah hatinya untuk menulis tutor ini sebagai pedoman untuk keamanan privasi rekan-rekan sekalian sehingga kita nantinya sesama masyarakat IT dapat lebih ekstra hati-hati lagi saat melakukan surfing di intenet.

Kembali kita berbicara mengenai KeySpy tadi.KeySpy adalah suatu program yang berfungsi untuk merekam setiap tekanan pada keyboard yang nantinya hasil rekaman tersebut akan di simpan menjadi suatu file berekstention *.log dimana file defaultnya bernama "keyspy.log". Seperti fungsi sebelumnya selain untuk merekam , KeySpy ini juga di gunakan secara offline maupun online. Dan paling berbahayanya lagi bila program ini di instalkan pada komputer yang terkoneksi ke internet log file hasil rekamannya dapat di setting oleh pemiliknya ke e-mail pribadinya sehingga pada komputer korban tidak akan ditemukan *.log (filelog-nya) karena semua informasi dari log file tersebut telah di kirim ke e-mail sipengintai sebagai feedback.

Jadi bagaimanakah kita untuk mengetahui apakah komputer kita telah di pasang KeySpy?,bagaimana pula cara memusnahkannya ?, jawabnya gampang sekali , mau tahu ..? Sebenarnya program-program anti Spy telah banyak terdapat di internet dan anda juga bisa mencarinya melalui search engine dengan kata kunci "anti spy" atau "program anti spy" namun bila anda tidak mau direpotkan dengan mencari kesana-kemari anda juga dapat mengatasinya dengan cara manual.

Adapun cara-cara untuk mengetahui apakah komputer kita tepasang KeySpy adalah sbb:

1. Klik start
2. Klik menu run kemudian ketik "Msconfig" kemudian akan terbuka kotak System Configuration Utility
3. Kemudian klik Startup
4. Maka akan terbuka Windows untuk Startup
5. Perhatikan pada kotak ceklis apakah ada terdapat kata "Windows Accelerator"
6. Bila ada sudah dipastikan bahwa pada komputer anda telah terinstal KeySpy
7. Bila tidak ada terdapat kata "Windows Accelerator" maka komputer anda bebas dari KeySpy

Jadi bagaimana mengatasinya bila komputer kita terinstal KeySpy..? Gampang..

1. Hilangakan tanda ceklis yang terdapat pada kata "Windows Accelerator"
2. Lihat dimana program *.exe tadi diinstal seperti pada gambar KeySpy terinstal misalnya di c:\windows\system\KSHvD-79.exe
3. Masuklah kedirektori dimana KeySpy terinstal
4. Hapus file KSHvD-79.exe
5. Kemudian Restart kembali Komputer Anda maka dengan demikian amanlah sudah komputer anda
dari sang pengintai

Oke sampai disini dulu tutorial saya ini,semoga tutorial ini dapat bermamfaat bagi rekan-rekan sekalian,serta dapat meningkatkan privasi anda saat melakukan Surfing di Internet.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© by anak taratak putra chaniago